Tuesday 15 January 2013

Menanam Tomat dengan Sistem Hidroponik



Hai sobat masterzul pada postingan kali ini saya akan share tentang menanam tomat dengan system hidroponik……langsung aja ya dibaca!!!!!!

 Alat dan Bahan
1. Pasir
2. Polibag ukuran tinggi 50 cm dan diameter 30 cm
3. Kotak kayu
4. Biji tomat
5. Sekop atau cetok
6. Alat penyiram
7. Gelas plastik
8. Garpu
9. Hand sprayer

 Cara Kerja

1. Membuat Persemaian

a. Buat kotak kayu untuk persemaian dengan ukuran 50 cm × 100 cm dan tinggi 6-10 cm, bagian samping diberi lubang untuk pembuangan air.

b. Masukkan media pasir sampai 3 cm dari permukaan kotak, dan uji dengan air apakah drainase berjalan lancar

c. Taburkan benih di atas media, tetapi jangan terlalu rapat. Kemudian tutup dengan pasir kurang lebih dengan ketebalan 1 cm.

d. Letakkan persemaian di tempat yang terlindung dari hujan dan cahaya matahari secara langsung.

2. Merawat Bibit
Biji tomat yang sudah tumbuh diberi larutan mineral dengan dosis yang tepat. Penyiraman dilakukan pagi dan sore menggunakan hand sprayer.


3. Penyapihan Bibit
Setelah muncul dua sampai empat daun yang sudah mekar, tanaman dipisahkan dan dipindahkan ke gelas plastik/pot kecil dengan media pasir dan disiram nutrisi pagi dan sore. Cara pemindahan bibit dicabut hati-hati menggunakan garpu
4. Penanaman
Setelah bibit berumur 3 minggu pindahkan ke polibag penanaman! Untuk memudahkan pencabutan, dapat menggunakan garpu.

5. Perawatan Tanaman
Lakukan perawatan tanaman dengan menyiram tiap hari dan memberantas hama yang mengganggu! Pupuk/zat nutrien yang digunakan adalah Margaflor, Lewatit atau Pastrogen, yang dapat diperoleh di toko-toko pertanian. Bila tidak ada zat-zat tersebut dapat digunakan pupuk yang dilarutkan air. Aturannya menurut petunjuk penggunaan.

Nah itulah cara menanam tomat dengan sistem hidroponik….selamat mencoba!!!!!!!!jangan lupa kunjungi terus masterzul.blogspot.com dan follow twitter saya di @zulfauzi100 

0 Responses to “Menanam Tomat dengan Sistem Hidroponik”

Post a Comment

Recent Comments